en
English language

Sisi Positif Ngemil

KabarSEHATOnline - Apakah Anda punya kebiasaan ‘ngemil’? Takut gagal menurunkan berat badan karena kebiasaan Anda tersebut? Nampaknya ‘ngemil’ selalu dijadikan penyebab gagalnya menurunkan berat badan. Padahal, ‘ngemil’ justru baik untuk membantu program diet lho.
 
Kebiasaan ‘ngemil’ sebenarnya tidak selalu buruk, karena camilan bisa berfungsi untuk mengganjal perut ketika lapar di antara jam-jam makan utama. Bahkan Anda yang sering mengalami gangguan enzim lambung, disarankan ‘ngemil’ untuk menjaga lambung tetap terisi dan tidak mengeluarkan asam lambung secara berlebihan.
 
Salah satu sisi positif ‘ngemil’ adalah mempertahankan jumlah gula darah dalam tubuh. Biasanya empat jam setelah makan utama, kadar gula darah menurun sehingga timbul rasa lapar. Bila tidak mengonsumsi apapun, kadar gula darah akan semakin menurun, dan daya konsentrasi juga ikut menurun.
 
Pada kondisi seperti inilah, ‘ngemil’ diperlukan karena dapat membantu meningkatkan kadar gula dalam darah.  Namun, ‘ngemil’ yang dimaksud haruslah yang sehat dengan kalori yang tidak berlebihan.
 
Sayangnya sering sekali pilihan jenis makanan menghilangkan sisi positif ‘ngemil’. Kebanyakan camilan yang dikonsumsi adalah makanan ringan berkalori tinggi dan tidak mengandung nutrisi penting.
 
Kabar gembiranya, Anda tetap boleh ‘ngemil’ asalkan tahu jenis makanan yang aman dikonsumsi dan saat yang tepat untuk melakukannya. Karena, mau tak mau Anda harus menjadi  'polisi kesehatan'  bagi diri sendiri, bukan?
 
Daftar Referensi:
 
    http://polahidupsehat.web.id/tips-doyan-’ngemil’-tapi-tetap-langsing/
    http://www.dietcepatalami.com/tips-’ngemil’-yang-sehat/
    http://www.hdindonesia.com/info-kesehatan/’ngemil’-sehat-dan-langsing
    http://www.klikcara.com/2013/08/10-tips-untuk-’ngemil’-sehat.html
    http://www.menshealth.co.id/kesehatan/antar.kita/snack.sehat.di.jam.kerja/004/004/71