en
English language

Penyuluhan Kesehatan Bagi Warga Jatireja Cikarang

Kegiatan Penyuluhan kesehatan bekerjasama dharma dexa dengan LPPM Jababeka terus berlanjut di tahun 2019 ini. Pada bulan April lalu warga desa Jatireja, Kampung Binong Cikarang yang berada di Kawasan Industri Jababeka mendapat giliran kegiatan penyuluhan. Bertempat di Posyandu 03 Jatireja yang dihadiri oleh perangkat desa, dilaksanakan pada Rabu, 24 April 2019 dengan tema “Kenali Penyakit Diabetes dan Pencegahannya”.

Materi ini disampaikan Officer, Field Training Dexa Group Ibu Maria Yesia Dianing Winasthi dari tim Corporate Training & Development Dexa Group. Acara yang dimulai sejak pukul 09.00 WIB ini dihadiri oleh kader posyandu, kader PKK dan kader Jumantik.Di awal presentasi, Ibu Yesia menjelaskan bahwa dari sejumlah data tentang penyakit diabetes di Indonesia cukup mencengangkan. Sample Registration Survey terbaru menyatakan diabetes menjadi pembunuh nomor tiga di Indonesia setelah penyakit Stroke dan Jantung. Sementara data International Diabates Federation (IDF) menunjukkan, jumlah penyandang diabetes di Indonesia diperkirakan diatas 10 juta dan menempati urutan keenam tertinggi di dunia.

Penyakit mematikan ini masih menjadi persoalan serius dunia, termasuk Indonesia. Indonesia merupakan negara yang berada di urutan ke-3 dengan prevalensi diabetes tertinggi di dunia setelah India, China, dan Amerika Serikat. Bahkan jumlah pengidap diabetes terus mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Data WHO memperkirakan jumlah penderita diabetes melitus (DM) tipe 2 di Indonesia akan meningkat signifikan hingga 21,3 juta jiwa pada 2030 mendatang.

Diabetes sering disebut-sebut sebagai ‘ibu’ dari berbagai penyakit. Pasalnya, diabetes bisa menjadi penyebab dari banyak komplikasi penyakit, seperti penyakit jantung, penyakit ginjal, penyakit pada mata, penyakit pada kaki, penyakit saraf, stroke, dan masih banyak lagi lainnya.

“Untuk itu kita harus mulai merubah pola makan dan meningkatkan pola hidup sehat dengan mengkonsumsi makan sehat sesuai kebutuhan”, demikian urai Ibu Yesia.

Dalam kesempatan tersebut, Bapak Taufik perwakilan dari LPPM Jababeka selaku penanggungjawab kegiatan penyuluhan kesehatan, mengatakan bahwa kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap bulan berpindah ke desa desa yang lain. “Ini sebegai bentuk kepedulian dari LPPM Jababeka dan Dexa Group. Hal ini akan semakin menambah wawasan bagi warga sehingga mereka bisa menerapkan untuk hidup lebih sehat”, ujar Bapak Taufik. Laporan tim dharma dexa dari Cikarang.